Ramuan Penurun Berat Badan Yang Enak dan Unik
Minuman

Ramuan Penurun Berat Badan Berkhasiat dan Enak

Ramuan penurun berat badan bisa dijadikan salah satu cara alami untuk kamu yang sedang menjalani proses diet. Selain enak dan unik, ternyata ramuan penurun berat badan juga memiliki berbagai manfaat. Berikut ini merupakan daftar ramuan penurun berat badan yang sehat dan alami :

1. Kopi Cokelat Hitam

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi coklat hitam sebagai ramuan penurun berat badan adalah 1 gelas atau 250 ml air, 1/2 sendok teh biji rami (giling hingga halus), 3/4 sendok teh dark chocolate (parut), dan 1 sendok teh kopi hitam.

Cara membuatnya, pertama tambahkan kopi hitam dan air panas ke dalam cangkir, aduk hingga rata, dan tambahkan biji rami. Kemudian, aduk semua bahan diatas dan tambahkan coklat hitam sebagai taburan diatasnya.

2. Jeruk Bali dan Mentimun

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman jeruk bali dan mentimun sebagai ramuan penurun berat badan adalah 1 buah ketimun (pilih yang segar), 1 buah lemon (iris tipis-tipis), 1 buah jeruk bali dengan ukuran sedang, dan 1 gelas air atau sekitar 250 ml.

Untuk pembuatannya, pertama-tama potong-potong semua bahan diatas, masukan ke dalam blender, dan tambahkan air. Kemudian, haluskan semua bahan, dan minuman siap disajikan.

3. Air Lemon Jahe

Ramuan penurun berat badan ini bisa kamu konsumsi dengan menyimpannya di dalam lemari es supaya lebih segar. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk proses menurunkan berat badan. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah 250 ml air dingin, ¾ bubuk jintan panggang, 1 sendok teh air jeruk nipis, dan 1 ruas jahe.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, potong jahe menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, masukan jahe ke dalam blender, tambahkan air dingin dan blender, haluskan bahan-bahan. Selanjutnya, tuang air jahe ke dalam gelas, tambahkan bubuk jintan panggang dan air dari jeruk nipis. Terakhir, aduk dan minuman penurun berat badan siap untuk di konsumsi.

4. Teh Hijau, Daun Mint, dan Lemon

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk teh hijau daun mint dan lemon sebagai minuman untuk menurunkan berat badan adalah 250 ml air panas, 6 sampai 7 lembar daun mint, 2 sendok makan daun teh hijau, dan 1 buah jeruk nipis.

Cara membuatnya, yaitu dengan menambahkan air dan daun mint ke dalam sebuah teko. Kemudian panaskan air bersih, tunggu hingga mendidih. Pertahankan dalam keadaan ini setidaknya selama lima menit.

Setelah itu, matikan gas, dan tambahkan daun teh hijau. Biarkan terendam selama 5 menit. Buang daunnya, dan saring. Setelah itu tuangkan ke dalam cangkir. Minum selagi hangat, dan kamu bisa merasakan manfaatnya.

5. Jus Nanas dan Kayu Manis

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk minuman nanas dan kayu manis sebagai minuman untuk menurunkan berat badan adalah garam hitam (secukupnya), ½ sendok teh bubuk kayu manis, 2 ½ sendok makan perasan air jeruk nipis, dan 1 ½ cangkir buah nanas.

Cara membuatnya yaitu, potong nanas menjadi potongan yang kecil-kecil dan masukan nanas ke dalam blender, haluskan. Tuang jus ke dalam gelas dan tambahkan air jeruk nipis, dan bubuk kayu manis. Kamu juka bisa melengkapinya dengan garam hitam, sesuai selera. Aduk semua bahan, dan minuman siap untuk disajikan.

6. Air Lemon, Mint, Jahe, dan Nanas

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu buah nanas yang segar, 1 butir buah lemon, daun mint secukupnya, dan jahe. Cara membuatnya adalah potong-potong  buah nanas menjadi lebih kecil. Bersihkan jahe, potong menjadi kecil-kecil, dan bersihkan daun mint.

Taruh semua bahan tersebut, masukkan ke blender dan haluskan. Saring, lalu tambahkan jus tersebut ke dalam satu sendok teh jus lemon segar. Aduk dan rasakan manfaatnya.

7. Minuman Lemon dan Jahe

Buah kuning yang kaya akan vitamin C ini, selain rasanya yang segar, ternyata memiliki fungsi untuk menstimulasi kerja ginjal, loh. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan racun di dalam tubuh dan menjaga pencernaan agar tetap lancar, sedangkan jahe, bermanfaat untuk mengeluarkan cairan berlebih yang terdapat di dalam tubuh kamu.

Cara membuat ramuan penurun berat badan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu untuk mencampurkan air perasan dari ½ buah lemon dan parutan dari ½  jahe ke dalam segelas air. Aduk hingga rata dan minum ramuan penurun berat badan ini setiap pagi

8. Jeruk Nipis dan Teh

Teh biasanya dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk proses penurunan berat badan dan biasa dikombinasikan dengan jeruk nipis. Teh mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk proses pembakaran lemak di tubuh.

Cara membuat ramuan jeruk nipis dan teh sama dengan membuat teh pada umumnya, hanya saja tidak menambahkan gula. Setelahnya, kamu bisa menambahkan potongan dari jeruk nipis kedalam teh yang kamu buat, dan minum rutin setiap hari, maka, kamu akan melihat perbedaan di timbangan kamu.

Ramuan Jamu Tradisional

Selain ramuan penurun berat badan diatas, kamu juga bisa membuat jamu tradisional yang enak dan segar, dan pastinya bisa membuat kamu memiliki tubuh yang ideal.

1. Jamu Sehat Langsing

Bahan-bahan untuk membuat jamu ini, cukup mudah di dapat, hanya perlu menyiapkan 3 gram jahe, 4 gram kunyit, 3 gram kencur, 1 sendok makan perasan jeruk lemon, 1 sendok teh garam himalaya, 3 sendok makan madu slimming, dan 200 ml air putih.

Cara membuatnya adalah dengan mencincang kasar jahe, kencur, dan juga kunyit. Selanjutnya, masak dengan 200 ml air, tunggu hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, maka di saring dan dimasukan ke dalam gelas. Lalu masukan bahan-bahan yang lain seperti garam himalaya, jeruk nipis, dan juga madu slimming. Aduk hingga rata dan jamu ramuan penurun berat badan siap untuk diminum.

2. Jamu Ramuan Herbal Jeruk Nipis

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu pelangsing ini, dengan menyiapkan 2 buah jeruk nipis, 2 teh celup hijau, 2 batang serai, 2 lembar daun sirih, 2 buah jahe, 2 buah kunyit, dan 1 liter air putih. 

Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan diatas dalam panci hingga mendidih. Untuk bahan-bahan seperti jahe, kunyit, dan serai bisa untuk digeprek terlebih dahulu.

Setelah itu rebus sampai air menyisakan setengah panci. Jika sudah matang, angkat dan tunggu hingga dingin, tiriskan dan ambil sarinya, kamu dapat meminum jamu penurun berat badan ini setiap hari.

3. Jamu Serai Kayu Manis

Untuk membuat jamu ini, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 1 kayu manis, 7 batang serai, dan 2 gelas air. Cara membuatnya, pertama belah kayu manis menjadi 2 bagian, selanjutnya cuci serai sampai bersih, potong-potong dan geprek serai tersebut, masukan semua bahan tersebut, rebus hingga mendidih, angkat, tunggu hingga agak dingin dan jamu siap untuk diminum.

4. Jamu Detox Pencernaan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu penurun berat badan selanjutnya adalah 1 ruas jahe, 1 kayu manis, 1 batang serai, 1 bunga lawang, setengah buah lemon, 2 gelas air putih, dan 2 butir cengkeh. Sedangkan cara membuat jamu ramuan penurun berat badan adalah sebagai berikut.

Cuci dan kupas kulit kayu manis, untuk jahe dan serai kamu bisa mengepreknya. Selanjutnya, masukan bahan ke dalam panci, tambahkan air, dan tunggu sampai mendidih dengan menggunakan api yang kecil. Setelah matang, tiriskan, dan jamu ramuan penurun berat badan siap untuk diminum.

5. Jamu Kunyit Asam

Jamu ini memiliki manfaat untuk proses penurunan berat badan dan bagus untuk air susu ibu. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 250 gram kunyit (diparut atau diblender), 250 gram gula merah, asam jawa secukupnya, 2 liter air putih, 2 sendok makan air putih, dan 10 lembar daun sirih (kamu bisa menguranginya jika tidak suka rasa yang terlalu kuat).

Cara membuat jamu ramuan penurun berat badan adalah dengan memasukan bahan-bahan di atas ke dalam panci. Masak selama 30 menit sambil diaduk. Jika dirasa sudah matang, kamu dapat menyaringnya dan jamu kunyit asam siap untuk dinikmati.

6. Jamu Diet

Cara membuat jamu untuk proses penurunan berat badan selanjutnya adalah adalah dengan menggunakan 7 batang serai, 1 buah lemon dengan ukuran besar (2 jeruk lemon jika ukurannya kecil), kamu juga bisa menggunakan 6 jeruk nipis jika tidak tersedia lemon, 3 kantong teh hijau, dan jahe sesuai selera.

Pertama, cuci serai dan lemon hingga bersih. Kemudian potong-potong serai, lalu geprek serai tersebut. Selanjutnya, iris lemon menjadi kecil-kecil, masukan air putih sebanyak 13 hingga 15 gelas, masukan serai yang sudah di potong potong, tambahkan irisan lemon, dan 3 kantong teh hijau,

Selanjutnya, masukan bahan-bahan diatas kedalam panci dan tunggu hingga mendidih atau hingga air menyisakan setengah panci. Jika sudah matang, angkat dan tunggu hingga dingin, tiriskan dan ambil sarinya, kamu dapat meminum jamu penurun berat badan ini setiap hari.

Author : Nur Sabrina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *