Minuman untuk Diet Yang Sehat dan Mudah Didapatkan
Minuman

Minuman untuk Diet Yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Ketika kamu sudah menjalani gaya hidup yang sehat, mengkonsumsi minuman untuk diet akan membantumu untuk menurunkan berat badan. Berikut ini 17 minuman untuk diet yang patut kamu coba :

1. Air Putih

Minuman untuk diet yang pertama adalah air putih. Air putih tidak mengandung kalori sedikitpun. H2O memiliki keunggulan untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu diam dan tidak melakukan aktifitas apapun, jumlah kalori yang terbakar dapat meningkat hingga 24 – 30 % dalam 10 menit setelah minum air putih. 

Dengan banyak minum air putih, juga dapat membantu ginjal dan hatimu dalam melakukan tugasnya agar tetap terhidrasi, sehingga dapat menekan nafsu makan. Kebanyakan orang tidak langsung makan saat lapar, namun minum beberapa gelas air putih untuk membuyarkan rasa lapar. Jadi, ketika kamu tiba-tiba ingin makan sekantong keripik kentang, sebaiknya ambil gelasmu dan minumlah yang banyak.

2. Teh Hijau

Teh hijau dapat dijadikan minuman untuk diet karena kaya akan antioksidan dan kafein yang bagus untuk proses pembakaran lemak. Kafein merupakan stimulan yang terkenal dapat meningkatkan pengeluaran kalori dan meningkatkan kinerja saat kamu berolahraga. 

Orang yang rajin minum teh hijau, cenderung memiliki tekanan darah rendah dan memiliki resiko yang lebih kecil terkena penyakit mengerikan seperti penyakit jantung, kanker tertentu, dan diabetes.

3. Kopi

Selain minuman untuk diet, ternyata kopi bisa meningkatkan energi dan suasana hati. Hal ini terjadi, karena kopi mengandung zat kafein yang berfungsi sebagai stimulan dalam tubuh dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi asupan energi dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Asupan kafein telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan proses pembakaran lemak. Sebuah studi di lebih dari 2600 orang menemukan bahwa mereka telah berhasil menurunkan berat badan dengan minuman berkafein.

4. Cuka Sari Apel

Bahan utama penghilang lemak dari cuka apel sebagai minuman untuk diet yaitu asam asetat. Asam asetat juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar insulin, dan menekan nafsu makan. Sebuah studi menyatakan bahwa cuka sari apel dapat memperlambat laju pengosongan makanan dari perut.

Tambahkan beberapa sendok cuka apel ke dalam minuman untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, perlu berhati-hati dalam penggunaannya, karena mengkonsumsi minuman yang tinggi asam dapat mengikis gigi. Jadi, jangan berlebihan ya.

5. Teh Hitam

Sama seperti teh hijau, teh hitam juga termasuk bagian dari minuman untuk diet. Teh hitam merupakan salah satu  jenis teh yang mengalami lebih banyak oksidasi atau paparan udara, jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Sehingga, teh hitam akan menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam banyak mengandung polifenol, termasuk kumpulan dari polifenol yang disebut flavonoid. Polifenol adalah antioksidan yang kuat dan dapat membantu menurunkan berat badan. Polifenol yang terkandung di dalam teh hitam dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori, merangsang pemecahan lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

6. Teh Jahe

Jahe memang sudah populer di masyarakat sebagai penambah rasa dalam hidangan. Selain itu, jahe juga dikenal sebagai salah satu dari obat herbal untuk mengatasi sejumlah keluhan seperti mual, pilek, dan artritis. Jahe juga bisa dijadikan sebagai minuman untuk diet.

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa jahe juga dapat membantu untuk mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori dari dalam tubuh.

7. Jus Sayuran

Jus sayur merupakan salah satu minuman untuk diet yang dipercaya bisa menurunkan berat badan kamu. Orang dewasa yang minum 16 ons jus sayuran rendah natrium, saat menjalani program penurunan berat badan, akan kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dari pada mereka yang jarang mengkonsumsi jus sayuran.

Dengan meminum jus sayuran akan menambah jumlah konsumsi sayuran harian kamu, sehingga akan membuat kamu kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori yang berlebihan. Sebenarnya, mengkonsumsi sayuran utuh akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi jus sayuran karena tingginya jumlah serat akan hilang dalam proses pembuatan jus.

8. Minuman Cabai Rawit

Si pedas yang enak ini selain dapat digunakan sebagai sambal, ternyata masuk dalam daftar minuman untuk diet, hal ini dikarenakan cabai mengandung senyawa bernama capsaicin.

Capsaicin terkenal sebagai termogenik yaitu makanan yang dapat merangsang tubuh untuk membakar lemak dan menghasilkan panas. Selain itu, capsaicin juga dapat melarutkan jaringan lemak dan mengurangi asupan kalori.

Cabai bisa dijadikan sebagai minuman untuk diet. Kamu dapat membuatnya dengan bahan antara lain ¼ sendok teh cabai rawit, 1 buah jeruk nipis, dan 1 gelas air. Cara membuatnya juga mudah. Pertama, peras air jeruk nipis ke dalam gelas, kemudian tambahkan air, dan ¼ sendok teh cabai rawit, aduk rata. Ramuan ini pun sudah bisa kamu nikmati.

9. Jus Lemon

Lemon mengandung berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah vitamin B6, tembaga, kalium, magnesium, zinc, flavonoid, antioksidan, dan fosfor.

Menambahkan lemon ke dalam minumanmu dapat meringankan masalah pencernaan. Selain itu, lemon merupakan buah yang rendah kalori sehingga kamu dapat menambahkannya ke dalam jus atau teh herbal.

Perasan lemon tidak hanya untuk meningkatkan rasa, tetapi juga akan membantu kamu untuk mengatur berat badan tanpa menambah kalori. Kandungan serat pektin yang ada di dalam lemon juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

10. Wedang Ginseng

Ginseng adalah tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi stress, diabetes, menurunkan kolesterol, dan mengatur kadar gula darah. Ia juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga energi kamu sepanjang hari.

Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan ginseng sebagai minuman untuk diet. Bahan yang diperlukan hanyalah 500 ml air hangat, 1 sendok makan perasan air jeruk nipis, dan 3 sendok makan ekstrak ginseng.

Cara pembuatannya juga sangat mudah. Pertama, didihkan 500 ml air kemudian tambahkan ekstrak ginseng dan biarkan selama 5 menit. Saring airnya dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Ramuan ini pun sudah bisa kamu nikmati.

11. Minuman Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan tanpa batang yang memiliki daun berdaging. Daging dari lidah buaya ini memiliki tekstur seperti gel dan dapat mengatasi permasalahan seperti masalah kulit, usus, rambut, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu mendetoksifikasi dan meningkatkan metabolisme. Dengan berbagai macam manfaat tersebut, kamu dapat membuat minuman dari lidah buaya.

Bahan yang kamu perlukan hanyalah 1 sendok teh gel lidah buaya dan 500 ml air. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Pertama, ambil 1 sampai 2 lidah buaya yang kecil, kupas kulitnya. Kemudian, hancurkan gelnya dan tambahkan 500 ml air. Terakhir, aduk hingga rata sebelum diminum.

12. Wedang Kayu Manis

Kayu manis berfungsi untuk mempercepat metabolisme dan mengatur gula darah. Jika gula darah terus stabil dan terjaga, maka nafsu makan kamu akan berkurang sehingga baik untuk proses penurunan berat badan. Selain itu, kayu manis juga memiliki peranan penting dalam kolesterol LDL dan trigliserida.

Berikut ramuan dari kayu manis yang bisa kamu buat. Pertama, ambil 1 sendok teh bubuk kayu manis, tambahkan air, lalu didihkan. Kemudian, saring kayu manis sebelum diminum. Mudah, bukan?

13. Wedang Bawang Putih

Selain untuk bumbu penyedap makanan, ternyata bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan dapat menyembuhkan dari penyakit flu.

Tidak hanya itu, bawang putih ternyata juga bisa melawan penyakit kanker dan dan bisa sebagai minuman untuk diet dengan cara pembakaran kalori dan menghancurkan lemak di sekitar lingkar pinggang.

Bawang putih memiliki senyawa bernama allicin yang dimana senyawa tersebut dapat menekan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Bagaimana cara membuatnya?

Siapkan 1 siung bawang putih haluskan, taruh di wadah, dan tuangkan 500 ml air putih. Kemudian, tambahkan perasan ½ jeruk nipis, aduk, dan siap untuk diminum.

14. Wedang Jahe

Jahe dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 20% yang mana akan mempercepat proses pembakaran kalori. Selain itu, jahe juga dapat mengobati sakit tenggorokan dan penyakit lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa jahe secara signifikan bisa menurunkan berat badan dan lemak di perut.

Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat menenangkan usus sehingga dapat menahan nafsu makan. Cara membuatnya cukup mudah yakni, kamu perlu menyiapkan satu rimpang jahe, bersihkan dan potong kecil-kecil. Masukan ke panci dan rebus hingga mendidih.

15. Jus Nanas

Buah yang segar ini cocok untuk jadi minuman untuk dietmu. Selain rasanya yang enak dan segar, ternyata nanas memiliki kandungan yang kaya akan serat sehingga bagus untuk proses penurunan berat badan.

Nanas juga mengandung enzim bromelain yang bermanfaat sebagai anti peradangan. Selain itu nanas juga kaya akan air sehingga membuat kandungan air dalam tubuhmu terjaga dan hal ini baik untuk proses diet.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu, kamu tinggal mengambil setengah buah nanas, potong kecil-kecil, masukan dalam blender, dan jus nanas siap untuk diminum.

16. Minuman Daun Salam

Daun salam selain bisa digunakan sebagai penyedap makanan, ternyata memiliki manfaat lain yakni, bisa membantu kamu untuk menjalani program diet. Minuman untuk diet ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat menghancurkan lemak yang ada di tubuh.

Cara membuatnya cukup mudah yakni, kamu tinggal memasukan 30 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih ke dalam panci yang terisi air. Rebus hingga air tersisa hanya setengah, dan minumlah ramuan ini secara rutin, maka, kamu akan melihat hasil yang berbeda di dalam tubuh kamu. Namun, jangan lupa untuk mengimbangi dengan pola hidup yang sehat, ya.

17. Minuman Asam Jawa

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam asam jawa memiliki fungsi sebagai antioksidan, menangkal radikal bebas, mencegah pembekuan darah didalam tubuh, mencegah alergi, hingga mencegah penuaan dini.

Selain itu kandungan serat yang terdapat di dalam asam jawa, dapat membuat kamu untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga akan menekan nafsu makan dan mengurangi kamu untuk makan makanan yang sembarangan.

Cara membuatnya cukup mudah yakni, kamu hanya perlu untuk memerah asam jawa, dan memasukkannya ke dalam gelas. Untuk menambah rasa manis, kamu bisa memasukan madu. Tuangkan air dingin atau hangat, lalu aduk hingga tercampur rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *