Olahraga

Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan dari Rumah

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan sangat dibutuhkan bagi orang yang sedang melakukan diet. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, pasti selalu diminta untuk membakar lebih banyak kalori dengan mengikuti serangkaian latihan yang lebih intens. Hal itu dikarenakan, pembakaran kalori punya peran penting dalam menurunkan berat badan.

Olahraga bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Beberapa cara olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah adalah menyapu, mengepel, membersihkan rumah, cuci piring, memasak, dan berkebun. Jika kegiatan itu masih dirasa kurang, kamu dapat melakukan olahraga berikut ini.

Latihan Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan di Rumah

Olahraga kardio benar-benar dapat dimasukkan ke dalam kehidupan rumahmu dan tidak membutuhkan peralatan apa pun. Latihan ini akan membantu kamu meningkatkan detak jantung, menurunkan berat badan, dan merasa lebih sehat secara umum. Berikut ini olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah.

1. Lompat tali

Sebenarnya lompat tali adalah latihan kardio klasik yang mungkin sering kamu lakukan sejak kecil. Tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga menyenangkan untuk dipraktekkan sekaligus dapat membuatmu bernostalgia.

Latihan ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu dapat menantang diri sendiri dengan sejumlah lompatan bahkan dapat mengganti cara menggerakkan tali agar lebih variatif sekaligus menyenangkan.

2. Menari

Mungkin salah satu latihan kardio paling menyenangkan yang dapat kamu lakukan adalah menari. Sekarang, menari digunakan sebagai latihan oleh orang – orang yang tidak suka pergi ke gym atau melakukan latihan rutin.

Selain menyenangkan, menari juga dapat meningkatkan detak jantung. Zumba adalah salah satu bentuk senam menari yang terinspirasi oleh orang-orang yang suka bergerak mengikuti ritme dan ingin menjadi bugar.

3. Naik – Turun Tangga

Semua orang mungkin membenci tangga, tetapi bagaimanapun itu adalah salah satu latihan kardio paling praktis yang pernah ada, terutama jika kamu tinggal di rumah dengan lebih dari satu lantai.

Naik dan menuruni tangga dapat dilakukan sebagai olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah dan dapat dimasukkan ke dalam rutinitas harian kamu. Tidak hanya membuat darah dan oksigen mengalir tetapi juga menargetkan otot – otot kaki.

4. Burpees

Tidak banyak orang menyukai burpee padahal latihan ini paling efektif untuk kardio. Burpee tidak hanya membuat darah dan oksigen mengalir ke tubuh, tetapi juga menargetkan otot-otot di lengan, punggung, dada, inti, glutes, dan kaki kamu. Burpee berfungsi sebagai latihan kardio & kekuatan akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk kamu jika ingin menurunkan berat badan.

Kamu Juga Bisa Melakukan Gerakan yang Lebih Berat Seperti di Bawah Ini:

1. Squat

  1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul dan jari kaki menghadap lurus ke depan atau agak miring ke luar.
  2. Perlahan tekuk lutut dan jongkok, kirim pinggul ke belakang, sambil menjaga tubuh tetap lurus dan perut ditarik kencang.
  3. Jaga lutut kamu di belakang jari-jari kaki kamu. Pastikan semuanya mengarah ke arah yang sama.
  4. Jongkok serendah mungkin, dan dorong ke dalam tumit untuk berdiri

2. Planks

  1. Berbaring telungkup di matras dengan siku bertumpu di lantai di samping dada kamu.
  2. Dorong tubuh kamu dari lantai dalam posisi push-up dengan tubuh bertumpu pada siku atau tangan.
  3. Kontraksikan otot perut dan jaga tubuh dalam garis lurus dari kepala hingga ujung kaki. Tahan selama 30 hingga 60 detik dan ulangi sebanyak yang kamu bisa.
  4. Untuk pemula, lakukan gerakan ini di atas lutut kamu dan secara bertahap tingkatkan untuk menyeimbangkan jari-jari kaki kamu.

3. Lunges

  1. Berdirilah dalam posisi split (satu kaki ke depan, satu kaki ke belakang).
  2. Tekuk lutut kamu dan turunkan tubuh kamu ke posisi lunge, pertahankan lutut depan dan lutut belakang pada sudut 90 derajat.
  3. Pertahankan beban di tumit kamu, dorong kembali dengan perlahan sampai ke posisi awal.
  4. Jangan pernah mengunci lutut kamu di atas dan jangan biarkan lutut kamu menekuk melewati jari-jari kaki kamu.
  5. Variasinya termasuk front lunges, back lunges, dan side lunges.
  6. Lakukan latihan ini dua hingga tiga kali seminggu selama 12 hingga 16 repetisi.

4. Push Up

  1. Jika kamu seorang pemula atau tidak memiliki banyak kekuatan tubuh bagian atas, ini adalah langkah yang baik untuk memulai.
  2. Mulailah merangkak dengan tangan sedikit lebih lebar dari bahu.
  3. Jalankan lutut ke belakang sedikit untuk menyalurkan beban kamu pada tangan dan meratakan punggung dari kepala hingga ke belakang lutut.
  4. Tarik perut ke dalam dan, jaga punggung tetap lurus, tekuk siku dan tubuh bagian bawah ke arah lantai sampai siku berada pada sudut 90 derajat.
  5. Dorong kembali. Ulangi dari 1 sampai 3 kali, akumulasikan 10 sampai 16 kali pengulangan.

Olahraga adalah bagian penting dari penurunan berat badan. Kamu harus fokus mengikuti rutinitas latihan yang direncanakan sesuai tujuan kamu. Idealnya, konsultasikan dengan pelatih kebugaran bersertifikat untuk merencanakan rutinitas latihan ini.

Meskipun demikian, tujuan penurunan berat badan tergantung pada jenis kebiasaan makan yang benar. Dibutuhkan kombinasi dari rutinitas latihan yang baik dan rencana diet yang tepat untuk memastikan penurunan berat badan.

Penulis : Mutia

Referensi:
Healthifyme | Weight Loss Exercises Benefits Home Workouts | 2020
Squatchallenge | 7 Best Indoor Cardio Workouts For Weight Loss | 2020