makanan untuk diet
Makanan

13 Makanan Untuk Diet yang Rendah Karbohidrat

Diet bisa sangat sulit, terutama jika kamu menyertakan makanan yang tidak kamu sukai ke dalam daftar makanan untuk diet mu. Kabar baiknya, ada ribuan makanan diet yang tidak hanya sehat tapi rasanya juga enak, selain itu dapat membantu kamu tetap menjalankan program penurunan berat badan. Berikut ini merupakan beberapa pilihan makanan untuk diet kamu.

1. Sebutir Telur

Meskipun asupan telur yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL “jahat” pada beberapa orang, telur tetap menjadi salah satu pilihan makanan terbaik jika kamu perlu menurunkan berat badan. Telur tinggi protein dan lemak, sekaligus sangat mengenyangkan.

Telur juga dapat menjadi makanan untuk diet karena sangat padat nutrisi dan dapat membantu kamu mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan dari makanan yang dibatasi kalori. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan di kuning telur.

2. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Sebenarnya daging adalah makanan untuk diet yang baik untuk penurunan berat badan karena tinggi protein. Selain itu, daging merah yang tidak diolah tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes.

Sejauh ini, protein adalah nutrisi yang paling mengenyangkan, dan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membuat kamu membakar hingga 80-100 lebih banyak kalori per hari.

Jika kamu sedang menjalani diet rendah karbohidrat, silakan makan daging berlemak. Namun, jika kamu menjalani diet sedang hingga tinggi karbohidrat, memilih daging tanpa lemak mungkin menjadi pilihan yang tepat.

3. Kentang Rebus

Beberapa khasiat pada kentang bisa menjadikannya makanan untuk diet yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Kentang mengandung nutrisi yang sangat beragam atau hampir semua yang kamu butuhkan.

Tidak hanya itu, kentang sangat tinggi kalium, mencukupi nutrisi, dan memainkan peran penting dalam pengendalian tekanan darah. Artinya dengan makan kentang rebus, secara alami kamu akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit makanan lain.

Apalagi jika kamu mendinginkan kentang setelah direbus, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat mirip serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang hitam, kacang merah, dan lainnya bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Makanan untuk diet ini cenderung tinggi protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi yang terbukti menyebabkan rasa kenyang.

5. Sup Bening

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa makan sup membuat orang merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori daripada makanan padat. Namun, pastikan untuk tidak menambah lemak dan garam ke dalam sup kamu.

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun, meskipun sebagian besar buah mengandung karbohidrat tinggi. Tetap saja, alpukat adalah tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sering digunakan dalam bumbu seperti dressing atau vinaigrettes, dan beberapa orang bahkan mencairkannya dalam air dan meminumnya. Mengkonsumsi cuka bersamaan dengan makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membuat orang makan 200-275 lebih sedikit kalori untuk sisa hari itu.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Cuka juga telah terbukti mengurangi lonjakan gula darah setelah makan, yang mungkin memiliki berbagai efek kesehatan yang bermanfaat dalam jangka panjang.

8. Kacang

Meski tinggi lemak, kacang tidak menggemukkan seperti yang kamu pikirkan. Kacang adalah cemilan yang sangat baik karena mengandung protein, serat, dan lemak sehat dalam jumlah seimbang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang dapat meningkatkan kesehatan metabolik bahkan menurunkan berat badan. Terlebih lagi, studi populasi menunjukkan bahwa orang yang makan kacang cenderung lebih sehat dan lebih kurus daripada yang tidak makan.

Namun, tetap pastikan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan karena kalorinya masih cukup tinggi. Jika kamu cenderung makan kacang dalam jumlah banyak, mungkin sebaiknya mulai kamu hindari.

9. Biji-Bijian

Contoh jenis biji-bijian dasar adalah gandum, beras merah, dan kinoa karena mengandung serat dan protein dalam jumlah yang cukup. Oat juga mengandung beta-glukan atau serat larut yang telah terbukti meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

Namun, tetap ingat bahwa biji-bijian olahan bukanlah pilihan yang sehat, dan terkadang makanan yang mencantumkan “biji-bijian” pada label makanan cepat saji adalah biji-bijian olahan yang berbahaya dan menggemukkan.

10. Cabai

Makan cabai akan berguna untuk diet penurunan berat badan. Hal itu dikarenakan, cabai mengandung capsaicin atau suatu zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Satu penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin makan paprika. Namun, hal ini tidak memberi efek pada orang yang terbiasa makan makanan pedas.

11. Jeruk Bali

Salah satu buah yang pantas untuk disorot adalah Jeruk Bali. Efeknya pada pengendalian berat badan telah dipelajari secara langsung. Makan setengah Jeruk Bali sekitar setengah jam sebelum makan dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

12. Yogurt Penuh Lemak

Yogurt adalah makanan olahan susu yang sangat baik. Jadi, mulai pertimbangkan untuk memilih yogurt berlemak penuh. Studi menunjukkan bahwa produk susu berlemak penuh tetapi tidak rendah lemak dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

13. Labu

Dengan lebih banyak serat daripada quinoa dan lebih banyak potasium daripada pisang, labu utuh adalah salah satu makanan untuk diet terbaik kamu saat mengemil dan memasak. Coba resep ini jika kamu sedang menginginkan makanan manis: tambahkan labu bubur ke dalam yogurt Yunani tanpa pemanis dengan kayu manis dan pir cincang sebagai makanan penutup yang bergizi.

Sebenarnya, sangat mudah untuk menemukan makanan untuk diet disertakan penurunan berat badan. Terutama makanan utuh seperti ikan, daging tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Beberapa makanan olahan, seperti yogurt probiotik, minyak zaitun extra-virgin, dan oatmeal juga merupakan pilihan yang sangat baik. Sambil melakukan olahraga ringan dan teratur, makan makanan bergizi ini akan membuka jalan kamu menuju hidup yang lebih sehat.

Referensi :
Webmd - 17 Best Foods For Dieters - 2020
Healthline - 20 Most Weight Loss Friendly Foods - 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *