8 Herbal Penurun Berat Badan Berkhasiat Menurut Ilmuwan
Makanan

8 Herbal Penurun Berat Badan Berkhasiat Menurut Ilmuwan

Herbal penurun berat badan sangat bermanfaat untuk Menurunkan berat badan melalui proses diet membutuhkan asupan pendamping makanan supaya berat badan cepat turun. Salah satu pilihan yang bijak adalah dengan mengkonsumsi suplemen herbal. Kandungan dari tanaman herbal dapat secara alami membantu proses penurunan berat badan. Berikut 8 herbal pilihan yang berkhasiat menurunkan berat badan menurut sains :

1. Dandelion

Dandelion dapat meningkatkan metabolisme lemak, membantu mengurangi kolesterol, dan dapat meningkatkan penghapusan asam lemak melalui sistem pencernaan. Diuretik yang terkandung dalam dandelion mengandung banyak vitamin dan mineral yang meminimalkan kemungkinan ketidakseimbangan sistem pencernaan.

Gunakan dengan salah satu cara berikut :

  • Minum 3 hingga 4 cangkir teh daun dandelion setiap hari.
  • Tambahkan sayuran dandelion segar ke dalam salad atau sup.
  • Konsumsi 15 hingga 30 tetes larutan dandelion per hari.

2. Cabai rawit

Ternyata cabai rawit merupakan rempah – rempah yang bermanfaat untuk merangsang metabolisme dan memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai herbal penurun berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari. Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar sehingga mendorong proses penurunan berat badan.

Mengkonsumsi kapsul suplemen capsaicin dapat menurunkan asupan kalori total. Makanan yang mengandung capsaicin dapat mengurangi kadar ghrelin yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar.

3. Jahe

Jahe merupakan herbal penurun berat badan yang paling populer. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jahe bermanfaat menurunkan berat badan. Suplemen jahe diketahui secara signifikan mampu menurunkan berat badan dan lemak perut dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Jahe dapat membantu mengatasi semua masalah terkait berat badan. Selama bertahun-tahun, banyak perhatian dari ahli diet dan pengamat berat badan yang menyebutkan jahe memiliki efek yang luar biasa dalam mengecilkan pinggang.

Selain sebagai alat penurun berat badan yang mempercepat metabolisme, ramuan antioksidan yang terkandung pada jahe dapat meredakan mual, menangkal infeksi, mengurangi risiko pengembangan sel kanker dan tertular serangan jantung, dan memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Jahe juga sangat berguna mengatasi kram.

4. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama dipercaya oleh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan. Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi Ginseng Korea dua kali sehari selama delapan minggu mengakibatkan penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Selain itu ginseng dipercaya sebagai tanaman herbal penurun berat badan yang sering digunakan pada pengobatan tradisional Tiongkok. Ginseng terdiri dari beberapa jenis, termasuk Ginseng Korea, Cina, dan Amerika, namun semuanya termasuk dalam genus tanaman ginseng yang sama.

Ginseng juga dikenal sebagai modulator kekebalan. Akar (kebanyakan), batang, daun ginseng, dan ekstraknya telah digunakan untuk menjaga homeostasis kekebalan dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit atau serangan mikroba melalui efek pada sistem kekebalan.

5. Kunyit

Kunyit merupakan herbal penurun berat badan yang juga terbukti efektif. Kandungan senyawa aktif bernama curcumin di dalam kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meredakan peradangan hingga penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dengan kondisi kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit yang efektif dengan dosis dua kali sehari selama sebulan dapat mengurangi lemak di perut dan menurunkan berat badan hingga 5 persen.

Kunyit juga salah satu cara alami untuk membantu memperkuat sistem kekebalan dengan meningkatkan kapasitas imunomodulasi tubuh. Cobalah menambahkan kunyit ekstra ke dalam makanan kamu selama periode stres atau selama musim flu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

6. Kayu Manis

Kulit kayu manis merupakan rempah dari kulit pohon kayu manis. Kayu manis kaya akan antioksidan yang mampu memberikan sejumlah manfaat pada kesehatan. Kandungan aktif dalam kayu manis berfungsi dalam menstabilkan gula darah, serta mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. 

Kayu manis merupakan herbal penurun berat badan dari kulit kayu bagian dalam dari genus Cinnamomum. Kayu manis dapat berfungsi sebagai penurun kadar enzim pencernaan untuk memperlambat pemecahan karbohidrat. Studi yang lain menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kayu manis dapat meniru efek insulin yaitu membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel untuk digunakan sebagai bahan bakar.

7. Jinten

Biji jJinten adalah biji cuminum cyminum yang dikeringkan dan digiling, tumbuhan berbunga dari keluarga peterseli yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Jinten yang terkenal dengan rasa pedasnya yang khas ternyata memiliki manfaat kesehatan, termasuk sebagai herbal penurun berat badan yang membantu proses pembakaran lemak.

Ada sebuah studi yang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi yogurt dengan 3 gram jinten dua kali sehari kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh. Studi yang lain  melaporkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi suplemen jinten tiga kali sehari kehilangan 1 kg lebih banyak daripada mereka yang tidak mengkonsumsi.

8. Fenugreek

Fenugreek adalah bumbu rumah tangga yang berasal dari Trigonella foenum-graecum, tanaman yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Penelitian menemukan bahwa fenugreek dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan makanan untuk mendukung penurunan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melengkapi makanan dengan 8 gram serat fenugreek setiap hari dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar dalam waktu tertentu. Studi lainnya mengemukakan bahwa mengkonsumsi ekstrak biji fenugreek menurunkan asupan lemak harian sebesar 17%, dibandingkan dengan plasebo.

Cara Menggunakan Herbal Dengan Aman

Ketika digunakan sebagai bumbu untuk makanan, herbal penurun berat badan yang disebutkan di atas dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar dengan risiko efek samping yang minimal. Hanya saja, jangan berlebihan.

Mengkonsumsi tanaman herbal tidak lebih dari satu sendok makan atau 14 gram per hari dan pastikan untuk memasangkannya dengan makanan utuh kaya nutrisi untuk membantu meningkatkan penurunan berat badan lebih banyak lagi.

Jika kamu mengonsumsi herbal penurun berat badan dalam bentuk suplemen, penting untuk tetap berpegang pada dosis yang dianjurkan pada kemasan untuk mencegah efek samping. Selain itu, jika kamu sedang sakit atau sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya bicarakan dengan dokter kamu sebelum memulai suplemen apa pun.

Jika kamu mengalami efek samping negatif atau gejala alergi makanan, hentikan penggunaan segera dan bicarakan dengan praktisi kesehatan terpercaya. Pastikan untuk mengkombinasikan berbagai herbal yang dikonsumsi dengan diet seimbang dan menyeluruh, serta gaya hidup sehat untuk mendapatkan hasil maksimal dalam penurunan berat badan.

Referensi :
Active | Top 5 Herbs For Weight Loss | 2020
Healthline | Weight Loss Herbs | 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *