13 Makanan untuk Diet yang Rendah Karbohidrat
Gaya Hidup

Penerapan Gaya Hidup Sehat Dalam Keseharian

Menjadi sehat bukan hanya melakukan kegiatan fisik, seperti rajin olahraga, sebagai tumpuan dasar. Menjadi sehat juga harus memperhatikan kesehatan mental dan juga emosional. Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu kamu dalam mencegah terjangkit penyakit kronis dan penyakit jangka panjang.

Menjalani gaya hidup sehat akan berdampak baik untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional sehingga kamu akan semakin menyayangi dan merawat tubuh kamu. Selain itu, saat menjalani gaya hidup sehat, lakukan apa yang baik untuk tubuhmu.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Minuman untuk Diet Yang Sehat dan Mudah Didapatkan
Konsumsi mahakanan bernutrisi | Sumber : Freepik
  1. Konsumsilah makanan dengan gizi dan porsi yang seimbang. Dalam satu hari, kamu harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak baik, serta sayuran dan buah.
  1. Nasi putih sama baiknya dengan karbohidrat lain, tapi menggantinya dengan karbohidrat kompleks sangat disarankan. Hal ini dikarenakan dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.
  1. Bagilah porsi makanan kamu kedalam 3 kali makan dan jangan lupa masukkan kudapan ke dalam jadwal makan tersebut. Makan 3 kali sehari di jam yang sama, artinya membiasakan tubuh dengan jadwal makan tersebut. Metabolisme akan berfungsi dengan baik dengan adanya jadwal makan yang sama setiap harinya.
  1. Mengkonsumsi kudapan diantara jadwal makan penting dilakukan. Kudapan atau camilan dapat memberi kamu energi sampai jadwal makan berikutnya, sehingga dapat mengurangi keinginan kamu makan berlebihan. Pilihlah kudapan yang sehat seperti buah atau protein bar.
  1. Terapkanlah metode “isi piringku” setiap kali kamu makan. Metode tersebut menjelaskan bahwa dalam satu piring dibagi menjadi dua bagian, ½ piring berisi, ⅓ buah, dan ⅔  sayuran; dan ½ bagiannya lagi berisi ⅓ lauk pauk dan ⅔ makanan pokok.

Penuhi Kebutuhan Tubuh

Minum air putih | Sumber : Freepik
  1. Konsumsilah makanan dengan porsi yang cukup setiap hari. Mengurangi porsi makan akan membuat otak mengirim sinyal bahwa tubuh sedang dalam mode bahaya akibat kamu tidak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang seharusnya. Jika hal ini terus terjadi justru akan berakibat penimbunan lemak dalam tubuh.
  1. Kebutuhan air yang tercukupi. Dehidrasi dapat membuat tubuh kamu menjadi lemas dan mempersulit kerja organ dalam. Kemudian, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol juga disarankan, mengingat kedua jenis minuman tersebut bisa membuat tubuh kamu menjadi dehidrasi. Penuhilah kebutuhan air dengan meminum banyak air mineral, bukan yang lainnya.
  1. Kebiasaan tidur yang kurang cukup akan memicu kenaikan berat badan dan menurunkan fungsi otak. Jadi, usahakanlah tidur cukup setiap harinya untuk memberikan energi, menjaga berat badan, dan meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi.
  1. Jadikanlah olahraga sebagai kebiasaan gaya hidup sehat kamu. Tubuh diciptakan untuk bergerak, oleh karena itu tubuh kamu membutuhkan olahraga. Kamu dapat melakukan olahraga, minimal 20 sampai 30 menit perhari, sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Selain membuat tubuh lebih segar, olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan konsentrasi.

Menjaga Penampilan Tubuh

Penampilan tubuh | Sumber : Freepik
  1. Bentuk tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh gen. Tidak ada bentuk tubuh yang “benar” dan “salah” untuk seseorang. Jika kamu menjalani gaya hidup sehat dan memberikan tubuh apa yang dibutuhkan, maka berat dan bentuk tubuhmu menjadi ideal.
  1. Tidak perlu mengikuti standar sosial yang ada tentang bentuk tubuh. Kembali lagi ke poin satu, bentuk tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh gen. Kita dapat mengatur jumlah lemak dan otot yang ada, tapi bentuk kerangka manusia tidak dapat diubah dengan melakukan olahraga. 
  1. Mengurangi jumlah porsi makanan secara terus menerus tidak akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Hal tersebut malah akan membuat metabolisme kamu menjadi lambat sehingga penurunan berat badan juga menjadi lambat. Begitupun dengan menaikan intensitas olahraga tanpa menambah porsi makan kamu.

Memiliki Lingkungan yang Positif

Lingkungan yang positif | Sumber : Freepik

Untuk mendukung dalam mencapai gaya hidup sehat, mental dan emosional juga harus sehat. Salah satu caranya adalah dengan memiliki lingkungan yang positif. Dengan memiliki lingkungan yang positif, kamu dapat menghadapi masalah dengan pkamungan lebih optimis.

Memiliki pertemanan yang dapat membangun dan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *