Diet Sehat Alami Agar Mendapatkan Berat Badan Ideal
Gaya Hidup

Diet Sehat Alami Agar Mendapatkan Berat Badan Ideal

Diet sehat alami merupakan salah satu langkah untuk menurunkan berat badan. Memiliki tubuh yang ramping dan sehat merupakan dambaan bagi setiap insan. Berbagai macam metode penurunan berat badan telah ditawarkan di internet. Mulai dari diet sehat alami sampai dengan pil penurun berat badan. Jika kamu salah dalam memilih metode, alih – alih berat badan turun, yang terjadi justru kamu bisa sakit. Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk diet sehat alami.

Cara Diet Sehat Alami

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat memang membutuhkan proses. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk melakukan diet sehat alami. Tenang, cara ini tidak sesusah yang kamu bayangkan kok.  Jika kamu sudah menerapkan cara diet sehat alami di bawah ini, kamu tidak hanya mendapatkan berat badan impianmu, namun juga bermanfaat untuk jangka panjang karena akan terhindar dari berbagai penyakit yang kronis.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Jika kamu berpikir dengan melewatkan sarapan kamu akan menghemat beberapa kalori, ini merupakan pikiran yang salah. Ketika kamu tidak sarapan maka kamu akan merasa kelaparan dan cenderung untuk makan lebih banyak di siang hari. Inilah yang menjadi alasan mengapa sarapan itu wajib untuk diet sehat alami.

Jim White, RD, ACSM Health mengatakan bahwa “ ketika kamu tidak makan cukup kalori, maka metabolisme tubuh kamu bisa menjadi lambat” coba untuk sarapan dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Selain tinggi serat, buah dan sayur dapat mempercepat metabolisme tubuh kamu

2. Minum Kopi

Kopi dapat dikatakan sebagai sumber untuk produktivitas. Mengkonsumsi kopi di pagi harikamu akan cenderung lebih bersemangat dalam menjalani hari. Kopi dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal Of Clinical Nutrition mengemukakan bahwa kopi dapat membantu kamu untuk membakar kalori hingga 12 persen. Kamu bisa minum kopi tanpa dicampur dengan gula.

3. Bagun Lebih Pagi

Menurut penelitian di Inggris, orang – orang yang sering bangun pagi hidupnya cenderung lebih bahagia dan bisa lebih cepat kurus. Hal ini terjadi karena paparan sinar matahari pagi alami. Penelitian dari Northwest University mengemukakan bahwa orang- orang yang sering terpapar sinar matahari di pagi hari cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang jarang terkena sinar matahari pagi.

Masih mengantuk di pagi hari? Mulailah untuk berlatih untuk menjadi orang yang sering bangun pagi dengan tidur lebih awal dan kembali pasang alarm kamu untuk bangun di pagi hari.

4. Rajin Berolahraga

Selain untuk diet sehat alami, dengan rajin berolahraga maka kamu akan memiliki banyak energi untuk menjalani harimu. Kamu bisa memilih untuk mengangkat beban, karena bermanfaat untuk membakar kalori dan mencegah metabolisme kamu melambat.

Cobalah untuk pergi ke gym setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu. Kamu juga bisa meminta saran dari para pelatih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak bisa pergi ke gym maka cobalah beberapa cara sederhana seperti berjalan kaki menuju kantor anda, jogging, bersepeda atau berenang. Hal ini sangat bermanfaat untuk diet sehat alami.

5. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Jaga agar camilan yang kamu makan selalu sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur maka akan mempercepat metabolisme tubuh kamu sehingga akan berdampak untuk menurunkan berat badan. Semakin banyak kamu mengkonsumsi buah dan sayur, maka kemungkinan kamu untuk makan sembarangan akan semakin kecil.

Kamu bisa untuk mengkonsumsi sayuran dan mengurangi makan makanan yang banyak mengandung tepung, pati, gula, dan garam agar proses diet sehat alami yang kamu lakukan menjadi maksimal.

6. Atur Porsi Makan Kamu

Ada makanan yang termasuk jenis “pantangan” ada juga makanan yang baik untuk dimakan. Untuk pilihan yang lebih banyak kalori seperti mie instan, burger, hotdog, pizza, nasi padang, pastikan untuk mengurangi porsi makannya. Memang makanan yang disebutkan tergolong makanan yang nikmat, namun memiliki banyak sekali kalori.

Jika kamu benar – benar ingin mengkonsumsi makanan tersebut, mungkin kamu bisa memakan dengan 3 kali gigitan setelah itu selesai. Kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi sayuran tanpa harus takut gemuk.

Makanan yang Baik Untuk Diet sehat alami

Berikut ini merupakan beberapa contoh referensi makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sedang melakukan diet sehat alami.

1. Ikan Salmon

Makanan yang baik untuk proses penurunan berat badan salah satunya adalah ikan salmon. Ikan salmon dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan memiliki kalori yang cenderung sedikit. Ikan salmon kaya akan protein, lemak sehat, dan zat gizi penting lainnya.

Salmon kaya akan omega 3 yang terbukti mampu untuk mengurangi peradangan dan dapat diketahui bisa berperan penting untuk menangani permasalahan kelebihan berat badan.

2. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Daging olahan memang tidak sehat, namun Menurut penelitian pada tahun 2010 yang dilakukan oleh Renata Micha menyebutkan bahwa daging merah yang rendah lemak bukan termasuk kategori makanan yang bisa meningkatkan resiko dari penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu daging merupakan makanan yang baik karena tinggi akan protein. Sejauh ini protein merupakan nutrisi yang dapat membuat kenyang menjadi lebih lama. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein dapat membakar kalori hingga 80 – 100 kalori per hari.

3. Keju Cottage

Produk susu cenderung tinggi akan protein. Salah satu cara untuk mengkonsumsi produk olahan susu adalah dengan mengkonsumsi keju cottage. Makanan ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein kamu dan bisa membuat kenyang lebih lama. 

Selain itu keju cottage memiliki kalori yang relatif rendah. Produk olahan susu juga tinggi akan kalsium yang bermanfaat untuk proses penurunan berat badan. Contoh dari produk olahan susu  selain keju adalah yogurt .

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang unik. Meskipun alpukat mengandung karbohidrat yang tinggi, ternyata alpukat juga mengandung lemak yang sehat. Buah alpukat juga tinggi akan lemak tak jenuh, jenis lemak yang bisa ditemukan dalam minyak zaitun. Alpukat juga banyak mengandung air dan serat.

Selain itu alpukat juga merupakan makanan yang sempurna untuk dijadikan salad sayuran, karena menurut penelitian menunjukan bahwa kandungan lemak yang terdapat di dalam alpukat  dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran hingga 15 kali lipat. Selain itu alpukat juga banyak mengandung nutrisi penting seperti serat dan kalium.

5. Kacang

Meski tinggi lemak, kacang tidak akan membuat kamu gemuk. Kacang merupakan cemilan yang baik, mengandung protein, serat, dan lemak sehat dalam jumlah yang seimbang. Penelitian menunjukan bahwa dengan memakan kacang maka dapat meningkatkan metabolisme dan dapat memaksimalkan proses penurunan berat badan.

Ada sebuah studi populasi telah menunjukan bahwa dengan makan kacang maka akan meningkatkan kesehatan metabolisme dan membantu proses penurunan berat badan. Selain itu dengan makan kacang maka akan cenderung untuk lebih sehat dan lebih cepat kurus daripada mereka yang jarang untuk mengkonsumsi kacang. Namun jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsinya.

Referensi :
Healthline | 20 Most Weight Loss Friendly Foods | 2020
Eatthis | Diet Plan | 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *